Translate

Friday 13 February 2015

Pengertian dan Jenis Aplikasi E-Learning

Defenisi E-Learning
Berbagai pendapat dikemukakan untuk dapat mendefinisikan E-learning secara tepat. Bentuk E-learning sendiri cukup luas, sebuah portal yang berisi informasi ilmu pengetahuan sudah dapat dikatakan sebagai situs E-learning. Menurut Jo Hamilton Jones tahun 2003, e-learning atau internet enabled learning menggabungkan metode pengajaran dan teknologi sebagai sarana dalam belajar.
            Definisi lain dari E-learning adalah proses instruksi yang melibatkan penggunaan peralatan elektronik dalam menciptakan membantu perkembangan, menyampaikan informasi, menilai dan memudahkan suatu proses belajar mengajar dimana siswa sebagai pusatnya serta dilakukan secara interaktif kapanpun dan dimanapun. Istilah e-Learning atau eLearning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi e-learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E. Hartley tahun 2001 yang menyatakan: eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain. LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa: eLearning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone.[1] Matthew Comerchero dalam E-Learning Concepts and Techniques mendefinisikan: Elearning adalah sarana pendidikan yang mencakup motivasi diri sendiri, komunikasi, efisiensi dan teknologi. Karena ada keterbatasan dalam interaksi sosial, siswa harus menjaga diri mereka tetap termotivasi. E-learning efisien karena mengeliminasi jarak dan arus pulang -pergi. Jarak dieliminasi karena isi dari e-learning didesain dengan media yang dapat diakses dari terminal komputer yang memiliki peralatan yang sesuai dan sarana teknologi lainnya yang dapat mengakses jaringan atau internet. Dari berbagai macam definisi yang ada, dapat disimpulkan bahwa yang disebut sebagai e-Learning adalah konsep pendidikan yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses belajar mengajar. (Novi Hidayati, 2010)

      Jenis Aplikasi E-Learning
        Berdasarkan teknologi yang digunakan, elearning dibagi atas basis teknologi yaitu (Novi Hidayati, 2010) :
1.      Computer Based Training (CBT)
                  Era dimana mulai bermunculan aplikasi e-learning yang berjalan             dalam PC standalone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi berupa       materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (video dan audio) dalam             format MOV, MPEG-1 atau AVI. Perusahaan perangkat lunak Asymstrix    (sekarang bernama Clickllearn) mengeluarkan tool pengembangan      bernama Toolbook sedangkan Macromedia juga mengembangkan    perangkat lunak bernama Authorware. Dengan menggunakan tools       yang disediakan maka pengguna mempunyai kesempatan untuk mencoba            soal-soal latihan tanpa batasan jumlah dan tingkat kesulitannya Namun,        pada e-learning dengan konsep ini, komunikasi yang terjadi hanya     satu      arah.
2.      LMS (LearningManagement System)
                 Seiring dengan perkembangan teknologi internet di dunia,            masyarakat dunia mulai terkoneksi dengan internet. Kebutuhan akan        informasi yang cepat diperoleh menjadi mutlak, dan jarak serta lokasi           bukanlah halangan lagi. Disinilah muncul sebuah Learning Management         System atau biasa disingkat dengan LMS. Perkembangan LMS yang       semakin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah     interoperability antar LMS yang ada dengan suatu standard. Standard yang   muncul misalnya adalah standard yang dikeluarkan oleh AICC (Airline             Industry CBT   Committee), IMS, IEEE LOM, ARIADNE, dsb. Contoh      aplikasi ini adalah Atutor. Pada aplikasi ini terdapat fasilitas penulisan    materi, upload materi, penugasan, pembuatan bank soal, pengujian dan penilaian serta fasilitas komunikasi antar pengguna yaitu chatting, forum       dan blog, dan dapat juga ditambahkan modul menarik lainnya seperti   kalender dan photoalbum.
3.      Aplikasi e-learning berbasis web
                  Perkembangan LMS menuju ke aplikasi e-learning berbasis Web            secara total,      baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi      belajar mengajarnya. LMS      mulai digabungkan dengan situs-situs portal   yang pada saat ini boleh dikata menjadi barometer situs-situs informasi,        majalah, dan surat kabar dunia. Isi juga semakin kaya dengan      berpaduan multimedia, video streaming, serta penampilan interaktif dalam    berbagai pilihan format data yang lebih standard, berukuran kecil dan stabil. Contoh aplikasi ini adalah Dokeos. Dokeos merupakan free            software yang di release oleh GNU GPL dan pengembangannya didukung oleh dunia internasional. Sistem operasinya bersertifikasi yang bisa         digunakan sebagai konten dari sistem managemen untuk pendidikan.      Kontennya meliputi distribusi bahan pelajaran, kalender, progres      pembelajaran, percakapan melalui text/audio maupun video, administrasi             test, dan menyimpan catatan. Tujuan utama dari dokeos adalah menjadi             sistem yang userfriendly dan flexibel serta mudah dipakai.

Sumber :
Hidayati, Novi. 2010. Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar: Studi Kasus Pada SMA Negeri 10 Bandar Lampung, Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol 2, No. 2, September 2010 : 153-170.

No comments:

Post a Comment

Kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya "masalah"dalam kehidupan ini. Jika kita tidak memiliki masalah didunia ini lepaslah kodrat kita sebagai manusia (human), untuk kita ketahui masalah adalah harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Masalah beragam macam nya dari hal kecil hingga hal besar seperti cinta, masa depan, motivasi diri, konsep diri, dan sebagainya. Beban pikiran anda selama ini akan anda temukan jawaban nya di rumah-konsul.blogspot.com.
kirim masalah anda lewat email kami agar privasi anda lebih terjaga konsulrumah@gmail.com / Facebook : rumah konsul dan kami akan menceritakan nya lewat blog ini dan nama anda akan kami rahasiakan, tujuan kami agar bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

Hidup tak jauh dari kekurangan, tak perlu dilihat dari hal yang lebih tinggi, bisa ditemui dari kehidupan sehari – hari yang tak pernah kita sadari, yang terkadang kita mengganggapnya remeh. Rumah Konsul hadir bagi teman – teman untuk memberikan informasi,tips, trik, dan cara unik lainnnya sebagai penambah wawasan bagi teman – teman semua.

Happy Reading Friends…..